Senin, 25 Juni 2012

PT. KBK Berbagi untuk Masyarakat


Gelar Bhakti Sosial Pemeriksaan Mata dan Pembagian Kacamata Gratis

PALANGKA RAYA – Kepedulian PT. KBK terhadap masyarakat sudah tidak diragukan lagi. Untuk kesekian kalinya, perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan, yang berlokasi di Desa Mirah Kalanaman Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, berbagi untuk masyarakat dengan menggelar kegiatan bhakti sosial berupa pemerikasaan mata dan pembagian kacamata gratis, yang dilaksanakan di Balai Desa Mirah Kalanaman, Kamis (21/6) mulai pukul 09.00-16.30 WIB.

Kegiatan yang digagas PT. KBK bersama dengan Kecamatan Katingan Tengah dan Polda Kalteng dalam rangkaian memperingati HUT Bhayangkara, diikuti sebanyak 220 warga. Saat mengikuti kegiatan pemeriksaan dan pembagian kacamata gratis, masyarakat Desa Mirah Kalanaman dengan sabar dan bergantian meng-antre. Guratan senyum dan kebahagiaan terpancar dari wajah mayarakat saat meninggalkan Balai Desa Mirah Kalanaman.

Kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis tersebut, mendapat sambutan luar biasa dari seluruh masyarakat. Kepala Desa Mirah kalanaman, Arnised T. Nganen, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan itu. Dia berharap, kegiatan yang digagas PT. KBK, bisa menjadi contoh bagi beberapa Perusahaan Besar Swasta (PBS) lainnya, yang berada di sekitar Desa Mirah Kalanaman. “Masyarakat Desa Mirah Kalanaman mendukung sepenuhnya Operasional PT. KBK, Untuk segera berproduksi, sehingga akan semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” harapnya.

Arnised T. Nganen mengatakan, kondisi Desa Mirah Kalanaman sangat terpencil dan jauh dari Ibukota Kecamatan, serta tingkat kriminal yang sangat tinggi. Karena itu, pihak Kecamatan memohon kepada Polda Kalteng, melalui Polres Katingan agar dibangun Pos Polisi untuk kenyamanan masyarakat dari gangguan kamtibmas. “Rencananya bangunan fisik untuk Pos Polisi di Desa Mirah Kalanaman. Kami akan minta bantuan keseluruh perusahaan yang rencananya akan difasilitasi oleh Pemda Katingan atau Kecamatan Katingan Tengah,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Katingan, Mantir L. Nusa. Beliau mengatakan, apa yang telah dilakukan PT. KBK hendaknya juga dapat dilakukan oleh perusahaan yang ada di sekitar desa maupun Kecamatan Katingan Tengah, sehingga keberadaan dari perusahaan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Kabag. Ops.. Polres katingan Tengah, Kompol Putu Yudha P., mengatakan bahwa pihaknya akan secara rutin berkoordinasi dengan PT. KBK dan perusahaan lainnya, untuk masalah kamtibmas. “Pihak Polda dan Polres Katingan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada PT. KBK, yang telah rutin peduli terhadap masyarakat Desa Mirah Kalanaman khususnya. Walaupun dalam kondisi perusahaan yang belum menghasilkan, dan ini akan dapat menjalin hubungan yang sangat harmonis dengan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Kabag. Ops. Mengatakan, pihak Polres akan segera menindaklanjuti ke Polda Kalteng tentang keinginan masyarakat Desa Mirah Kalanaman untuk didirikannya Pos Polisi, demi menjaga keamanan dan ketertiban yang jaraknya cukup jauh dari Ibukota Kecamatan. “Disarankan untuk segera mengajukan permohonan Pos Polisi di Desa Mirah Kalanaman; dan untuk percepatan pembangunan Pos Polisi tersebut, maka Polres sangat setuju jika seluruh perusahaan dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan Pos Polisi tersebut,” ujarnya.

Direktur PT. KBK, Andi Kuswara melalui penanggung jawab Comdev PT. KBK, Cakrawan menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh PT. KBK adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar. “Walaupun dalam kondisi perusahaan belum berproduksi, bukan menjadi alasan perusahaan tidak berbuat sesuatu bagi masyarakat sekitarnya, kata Cakrawan.

Kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis tersebut kata Cakrawan, adalah salah satu bentuk kepedulian buat masyarakat Desa Mirah Kalanaman. “Dan dalam waktu dekat, PT. KBK bekerjasama dengan Puskesmas Tumbang Samba, akan mengaktifkan kembali Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Mirah Kalanaman sehingga dapat melayani masuarakat dalam hal keperluan medis dan pelayanan kesehatan, ibu hamil dan menyusui serta imunisasi,” tambahnya. “Mengenai rencana dan harapan masyarakat Desa Mirah Kalanaman untuk didirikannya Pos Polisi, maka PT. KBK siap mendukung penuh apa yang diharapkan oleh masyarakat, tandasnya.

Hadir dalam kegiatan itu pula, Kabag. Ops. Polres katingan, Kompol Putu Yudha P.; Kasat. Binmas. Polres Katingan, AKP Syafrudin; Kasie. Propam. Polres Katingan, Iptu Gusnawardi; Kaur. Bin. Ops. Serse. Katingan, Ipda Bima; Kapolsek Katingan Tengah, AKP Amri; Kanit. Binmas., Bripka Rahmadi; Dokter, Bidan, dan Perawat; serta Ketua Dewan adat Dayak katingan Tengah, Mantir L. Nusa dan masyarakat. (Kalteng Pos).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar